Bisnis Travel Mobil, Begini Cara Mudah Memulainya

Usaha travel mobil
Bisnis Travel Mobil di Indonesia
Beberapa watu lalu blog ini pernah mengulas tuntang cara mudah memulai bisnis travel. Langkah awalnya adalah memilih jenis travel yang anda inginkan. Salah satu jenis bisnis yang bisa anda tekuni atau bisa segera kamu mulai adalah usaha bisnis travel mobil.

Pertanyaannya, bagaimana cara memulai bisnis travel mobil?.
Terus seberapa besar keuntungan bisnis travel yang satu ini?.
Apakah potensi atau market nya masih ada?.
Berapa modal yang diperlukan untuk memulai bisnis mobil travel wisata?.
Apakah bisa memulai bisnis travel mobil tanpa modal?.

Waah, pertanyaannya banyak juga ya.

Tulisan ini bisa panjang dan mungkin saja membosankan kalau harus menjawab pertanyaan itu satu-persatu.

Jadi, pada kesempatan ini penulis hanya akan mengulas secara garis besarnya saja. Mudah-mudahan bisa menjawab deretan pertanyaan di atas.

Bisnis Travel Mobil atau kita sebuat saja bisnis jasa transportasi wisata bisa di mulai dengan tanpa modal. Serius. Kamu bisa buka bisnis jasa transportasi wisata tanpa modal. Caranya bagaimana ?. Sabar, pelan-pelan saja ya.

Kita bahas satu-persatu dulu ya

Bisnis travel rental mobil
Usaha Travel Mobil Rental

Pertama : jenis bisnis travel mobil (transport service)

Ada beberapa peluang dan ceruk pasar untuk bisnis ini. Di antaranya :
Bisnis sewa rental mobil untuk wisata/bisnis/pribadi, sewa bus pariwisata, jasa antar jemput bandara, dan bisnis transportasi dengan rute / trayek tertentu.

1. Rental Mobil Untuk Keperluan Bisnis dan Pribadi

Untuk usaha travel mobil sewa / rental ini kamu harusnya sudah tahu kan ya. Kalau belum tahu dan penasaran bagaimana cara memulai nya, silahkan baca tipsnya : cara memulai bisnis rental mobil. Atau pelajari dulu nih : potensi dan resiko bisnis rental mobil.

Biasanya bisnis ini menargetkan : keluarga, individu, perjalanan bisnis / dinas, wisudah, pendukung eo, resepsi pernikahan, dll. Pelanggan usaha ini merupakan kelompok kecil 1 - 7 orang. Jasa rental mobil dibutuhkan untuk memudahkan perjalanan mereka.

Apapun tujuannya, kamu bisa melayani jasa rental mobil lepas kunci, sewa mobil termasuk driver, sewa mobil harian, rental mobil bulanan / tahunan, dll. Contoh bisnis : rental mobil Bangka klik di sini

Jenis mobil yang sering digunakan dan paling laris biasanya adalah jenis mobil keluarga. Tapi tidak selalu begitu. Kamu harus mencermati type dan merek mobil yang paling diminati oleh calon konsumen. Jangan sekedar ikut selera kamu sendiri, tapi utamakan selera pasar bisnis travel mobil rental.

Untuk memulai dan tips lainnya, silahkan baca saja link yang tadi sudah penulis bagikan. Kamu bisa kok memulai bisnis ini tanpa Memiliki Kendaraan Pribadi.

Kalau malas baca dan ndak mau terlalu pusing, kamu bisa segera punya bisnis travel mobil. Caranya, Lihat Di Sini

2. Travel Mobil Pariwisata

Bisnis travel mobil selanjutnya adalah kamu menjadi penyedia bus pariwisata. Buka bisnis PO Bus. Tapi ingat ya, bisnis ini butuh modal yang cukup besar. Persaingannya di beberapa kota besar juga cukup sengit. Wajar sih, potensi profitnya juga tak kalah menggiurkan.

Sekedar catatan saja : 1 unit bus baru lengkap, harganya kisaran 700-1,5 Miliyar. Nah, kamu yakin punya duit segitu bos?. Kalau duitmu sudah segitu banyak, penulis ragu kamu masih mau meluangkan waktu untuk baca tulisan ini.

Kalau belum punya modal sebanyak itu, bisnis travel mobil nya bisa kamu mulai dari yang simple saja.

Caranya...?

Yah, kamu cukup jadi perantara saja. Buka usaha travel mobil yang melayani pemesanan / booking bus pariwisata. Jangan salah, diluar sana ada banyak sekali pemilik / perusahaan tour travel yang membuka layanan ini.

Simple nya : mereka buka jasa penyewaan bus pariwisata. Bus nya sudah tentu bukan milik mereka. Milik PO Bis. Kalau ada yang booking mereka tinggal pesan di PO bus. Sebelum itu, mereka sudah lebih dulu menjalin kerjasama yang bagus dan saling menguntungkan.

Emang ada profitnya ya ?

Kalau tidak ada untungnya, bukan bisnis namanya boss!.

BERIKUT ANALISA USAHA / BISNIS TRAVEL MOBIL

Begini : PO bus kasih harga sewa bus 1 hari 1 juta. Include bbm dan driver. Bus full ac, musik dan karaoke.

Kamu buka jasa sewa bus pariwisata. Kamu jual 1.2 juta / hari.
Kalau ada yang pesan 3 hari, profit mu sudah 600-ribu. Lumayan kan.

Kalau dalam 1 bulan 10 x Order : 600.000 x 10 = 6 - JUTA Boss!.

Bagaimana cara cari ordernya. Pakai dengkul mu buat mikir. Jangan malas bos.

3. Travel Mobil Trayek Antarkota

Nah, kalau yang ini jujur saja penulis kurang faham. Tergantung lokasi. Kalau di kota kecil seperti tempat penulis tinggal, bisnis ini cukup mudah. Yang penting kita punya mobil bis rongsokan. Lalu ajukan trayek nya ke dinas perhubungan. Biar gak ada yang ajak ribut kalau kita punya izin.

Kalau di kota-kota besar, pemainnya sudah kelas berat semua. Jadi kamu lebih baik buka jasa calo tiket bus nya saja.hehe

Untuk Memulai Bisnis travel Mobil tersebut, kamu harus melakukan hal-hal ini. Di simak kalau serius mau belajar.

Cara Memulai Bisnis Travel Mobil

Sekarang silahkan tentukan jenis usaha travel mobil yang kamu inginkan. Kalau sudah yakin dengan pilihannya, silahkan ikuti langkah-langkah memulai usaha travel

1. Buat Badan Usaha Bisnis

Untuk membuat badan usaha, sama seperti buka bisnis travel tour, silahkan klik di sini ya caranya.

Singkatnya : segera saja mulai cari nama usahanya, buat logo / brand, buat company profile usaha yang meyakinkan, buat kartu nama bisnis. Untuk badan usahanya bisa menyusul saja kalau memang modal usaha kamu terbatas. Tapi kalau ada anggarannya, silahkan buka CV saja.

Cara gampang banget. Datang saja ke kantor notaris terdekat. Bilang saja kalau kamu mau bikin CV. Biayanya kisaran 800-2,5 juta. Syarat lain, tanya saja ke pihak notarisnya ya. Tidak usah tanya-tanya di sini.

Selain untuk membuat badan usaha, kamu juga perlu usaha dan sedikit lagi biaya untuk pengurusan izin usahanya. Lebih jelasnya datang saja ke kantor dinas / kantor perizinan terpadu di kota / kabupaten setempat.

Jika di hitung secara lebih cermat, setidaknya kamu butuh modal sekitar 3-5 juta untuk mengurus pendirian usaha travel mobil kamu.

Kalau badan usahanya sudah jadi, sekarang kamu harus menyiapkan armada / mobil nya. Kalau tidak punya mobil sendiri, belum mampu beli cash/ kredit, kerjasama dengan rekanan lain.

2. Asuransikan Kendaraan

Resiko bisnis rental mobil rumahan juga lumayan. Jadi sangat disarankan untuk mengasuransikan kendaraan yang jadi asset bisnis kamu. Mobil harus di asuransikan. Jangan sampai tidak.

Keluar biaya lebih untuk asuransi bagi pelaku usaha rental sungguh sangat sepadan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Kalau bisa pilih asuransi mobil komersil. Biaya lebih mahal lagi memang, tapi sangat bermanfaat.

3. Pekerjakan Driver Yang Bisa Dipercaya

Kamu harus cari driver yang ramah, jujur, siap kerja keras, loyal, ramah, sabar, sopan, dan berpengalaman. Ini tugas berat. Tapi seiring berjalannya waktu, pengalaman akan mengajarkan kamu banyak hal.

Kamu tidak harus mengeluarkan gaji bulanan untuk para driver. Banyak kok yang mau kerja freelance. Kalau ada job, kamu panggil. Buat gaji diri sendiri aja masih susah, belum lagi buat biaya marketing, dll. Hehe

4. Giatkan Promosi dan Pemasaran

Untuk menghidupkan usaha travel sewa rental mobil yang sudah kamu mulai / baru kamu laounching, kamu harus giat jualan. Gencarkan promosi.

Bagaimana Caranya ?
Secara garis besar ada dunia hal yang perlu dikombinasikan untuk melakukan promosi bisnis tour travel kamu.

A. Promosi Offline
- buka kantor di lokasi strategis
- buat brosur
- iklan baliho
- buat spanduk / banner / stiker
- iklan koran
- iklan radio
- iklan dari mulut ke mulut
- dll

B. Promosi Online
- Buat Website
- Gunakan tehnik SEO
- Social media marketing
- Email Marketing
- Forum - forum
- Jasa Review
- Iklan Berbayar
- Konten marketing
- dll

Catatan : semua media dan sarana marketing / promosi di atas ada strategi dan ilmunya. Kamu kudu belajar banyak biar hasilnya maksimal.

Cara mudah : setiap kali dapat profit, investasikan untuk marketing. Coba yang murah-murah dulu. Lakukan tes media / strategi mana yang paling efektif dan menghasilkan.

Seiring berjalanannya waktu, kamu pasti akan semakin faham prosesnya.

Cara yang lebih mudah lagi, dari awal ketika baru akan mulai buka usaha travel mobil sendiri, sebaiknya gunakan jasa mentor. Cari guru, konsultan, pelatih bisnis  berpenglaman. Coba lihat di sini.

5. Berikan Layanan Terbaik

Ini prinsip utama para milyarder dunia. Selalu berikan LEBIH dari yang kamu janjikan pada pelanggan.

Contoh : misal dalam paket liburan yang kamu tawarkan fasilitasnya sudah termasuk makan. Nah dalam pelayanan ke pelanggan kamu jangan CUMa kasih makan saja. Tapi berikan makanan terbaik, ditempat terbaik, kASIH BONUS life musik/karaoke (ini contoh saja).

Contoh lain : di travel lain untuk pesan/booking sewa mobil customer harus melakukan pembayaran full di muka. Kamu buat saja, sewa mobil di travel kamu cukup DP 50 ribu saja. Pelunasan belakangan.

Masih banyak service lain yang bisa kamu berikan untuk memuaskan pelanggan.

Hal ini sangat PENTING : Harapannya, mereka jadi langganan tetap. Biar mereka merekomendasikan bisnis kamu ke teman, sodara, keluarga, sahabat, dan teman-teman sosmed nya dengan suka rela.

Ingat ini baik-baik :
Menurut penilitian, 1 customer yang puas atas layanan / jasa kamu akan merekomendasikan bisnis kamu ke 3 orang.

Tapi 1 orang saja yang KECEWA dengan layanan kamu akan bersuara dan menceritakan buruknya bisnis kamu pada 11 orang (paling sedikit). Kalau dia sebarkan di medsos, suara kekecewaannya bisa sangat luasss.

Selalu pikirkan dan terapkan prinsip ini pada diri sendiri dan staf : kepuasan pelanggan adalah prioritas!.

Terakhir, kalau mau usaha kamu sukses, akan jauh lebih mantab kalau usaha kamu di dampingi mentor. Butuh mentor bisnis travel mobil klik di sini.

Apakah anda berkunjung ke halaman ini karena sedang mencari tips dan info TERKAIT : analisa usaha travel mobil, memulai bisnis travel wisata, keuntungan, bisnis travel, bisnis travel rumahan, bisnis rental mobil pemula, cara membuat travel agent sendiri, usaha travel agent tanpa modal, atau travel mobil pribadi?.


EmoticonEmoticon