Asosiasi Lembaga Sektor Pariwisata Di Indonesia

Anda pasti pernah dengar tentang ASITA. Salah satu asosiasi pariwisata yang cukup terkenal dan disegani di Indonesia. ASITA merupakan kepanjangan dari Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia.

Anggota dari asosiasi ini pastinya adalah perusahaan perjalanan atau travel agen yang sudah terverifikasi status legalnya.

Peran ASITA tidak hanya sebagai wadah berkumpul para pengusaha agen perjalanan, namun juga memfasilitasi para agen perjalanan agar bisa bertahan dan mengembangkan bisnis mereka. ASITA bertugas untuk melaksanakan sesuatu yang menjadi tujuan atau kebutuhan para anggotanya.

Sebagai contohnya persoalan era digitalisasi dalam dunia agen perjalanan. Banyak sekali anggota yang belum tersentuh digitalisasi ini, padahal persaingan sudah mulai meningkat. Bukan hanya dari sesama anggota saja, tapi juga dari pihak luar non anggota. Maka tugas ASITA di sini adalah membantu agar teman-teman anggota tetap bisa fight dengan usaha mereka yang masih konvensional.

Nah, itulah salah satu profile dan manfaat besar yang di tawarkan asosiasi bagi anggotanya.

Jika anda juga sedang atau sudah menjalankan usaha di sektor pariwisata (travel, tour, destinasi, hotel, resto, toko oleh-oleh, spa, atraksi wisata, mice, rent car, po bus, dll), sudah saatnya anda bergabung dalam asosiasi / lembaga yang bergerak di bisnis yang sama. Karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat dalam mengikuti organisasi/asosiasi/lembaga.

Berikut ini adalah beberapa manfaat Bergabung Dalam Asosiasi : 

#Memperluas Jaringan

Organisasi kewirausahaan dapat membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini melalui forum anggota, sesi tanya-jawab dan banyak lagi. Tapi jika Anda membutuhkan bantuan lebih banyak, banyak jaringan yang bisa didapat dari organisasi seperti ini.

#Mentoring

Temukan mentor yang dapat membimbing Anda melalui organisasi kewirausahaan untuk menghadapi tantangan bisnis dan dapatkan tips-tips dari para pemilik bisnis sukses. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan sesama pemilik bisnis berkembang sehingga bisa saling bertukar informasi penting.

#Produk dan DISKON Khusus

Selain itu, dengan banyaknya jaringan yang dimiliki organisasi ini, juga menawarkan kemitraan pendidikan yang membantu anggota mendapatkan akses ke program-program tertentu.

#Branding 

Manfaat besar lainnya adalah Anda dapat memanfaatkan semua jaringan yang ada untuk membangun merek atau branding. Anda dapat menggunakan strategi pemasaran digital, ini akan memberikan kontribusi positif dan membantu Anda meningkatkan penjualan yang cukup signifikan. Manfaatkanlah semua kesempatan ini. Anda tidak pernah tahu kapan kesempatan akan datang lagi, dan kesempatan mana yang benar-benar bisa bermanfaat.

Ketika Anda memutuskan untuk wirausaha, maka Anda harus mulai terlibat dengan banyak orang. Mengembangkan bisnis akan lebih mudah ketika Anda mempunyai banyak jaringan. Mulailah terhubung dengan lebih banyak orang dari berbagai bidang bisnis.

Inilah Kumpulan Asosiasi/Lembaga/Organisasi Di Sektor Pariwisata Indonesia :


Badan Pimpinan Pusat (BPP) Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), Jl.. Tanah Abang I No.12 HH, Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, 10160.

Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Jl. Raya TMII Ceger Cipayung, Jakarta Timur 13550.

Indonesia Congress & Convention Association (INCCA) Gedung C&C, JL. Tanah Abang 1 No. 10 D Jakarta Pusat.

Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI), Wisma Nugra Santana, Jl. Jend. Sudirman Kav. 7-8, Jakarta 10220.

Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) Wisma Nugra Santana Lt. 9 & 15, Jl. Jend. Sudirman Kav. 7-8,  Karet Tengsin, Tanah Abang Jakarta Pusat 10220.

Gabungan Usaha Wisata Bahari & Tirta Indonesia (GAHAWISRI), Wisma Nugra Santana Lt. 9, Jl. Jend. Sudirman Kav. 7-8, Jakarta 10220.

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Wisma Nugra Santana Lt. 9, Jl. Jend. Sudirman Kav. 7-8, Jakarta 10220.

Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI), Trade Mart Building Lt. 2 No.247, Arena PRJ Kemayoran, Jakarta 10620.

Asosiasi Pengusaha Hiburan Indonesia (ASPEHINDO), Jl. Blora No.19 Lt. 3 Jakarta Pusat.

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA), Jl. RS Fatmawati No. 15  Blok A No.30, Komplek Golden Plaza, Jakarta 12420.

Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia(HIDIKTIPARI), STP Trisakti, Jl IKPN Bintaro no 1, Tanah Kusir DKI Jakarta 12330.

Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Graha Permata AURI Blok C 11-15 Pancoran Jl. Raya Pasar Minggu No. 32 Jakarta Selatan.

Asosiasi Spa Indonesia (ASPI), Graha Mustika Ratu Jl. Gatot Subroto Kav. 74-75,  Jakarta 12870.

ATHIN : Asosiasi Travel Halal Indonesia.

Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) lahir dari meleburnya tiga asosiasi haji dan umrah yang masing-masing disingkat AMPUH (Asosiasi Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji), SEPUH (Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji) dan AMPPUH (Asosiasi Muslim Perusahaan Penyelenggara Umrah dan Haji).

Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia (AKPI), Address: Jl. Kemang Raya No.4, RT.5/RW.5, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920.

Asosiasi Perusahaan Pariwisata Indonesia, JL. Ngagel Jaya Selatan Komplek Pertokoan Manyar Megah Indah Plaza Blok E/14, Surabaya, 60283, Ngagelrejo, Wonokromo, Surabaya City, East Java 60245.

Asosiasi Wisata Agro Indonesia, Jl. Kebon Sirih 67-69 Kebon Sirih Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta, RT.3/RW.2, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340.

Himpunan Pramuwisata Indonesia (hpi), Gedung C (Enjoy Jakarta) Lt. 3 Jl. Kuningan Barat No. 1, RT.8/RW.3, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710.

Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata Indonesia, JL. Gatot Subroto Barat, No. 459 C, Ubung, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80111.

ASOSIASI PENGUSAHA RENTAL KENDARAAN INDONESIA (ASPERKINDO). Wadah organisatoris atau asosiasi industri penyewaan kendaraan.

Asosiasi Pengusaha Persewaan Kendaraan Yogyakarta (APPKY). Notes : hamper semua daerah memiliki asosiasi sejenis APPKY ini.

Notes : Selah bisnis kami berjalan, dan siap melayani berbagai paket tour wisata bangka Belitung, mendaftar diri sebagai anggota salah satu asosiasi / lembaga di atas adalah prioritas utama kami.


EmoticonEmoticon