5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Liburan di Bangka Belitung

Tidak terasa 2019 sudah berjalan 2 bulan. Sudah punya rencana untuk ambil liburan ke Bangka Belitung. Yuk intip dulu nih, 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Liburan di Bangka Belitung.

1. Bukan Cuma Pantai, Keindahan Landscape di atas Bukit Fathin dan Bukit Samak juga tak kalah memanjakan mata

bukit fathin bangka
Puncak Bukit Fathin Sungailiat Bangka
Bangka Belitung memang memiliki panorama pantai yang mengagumkan. Tapi jika anda ke Bangka cobalah untuk menikmati keindahan landscape Bukit Patinsan di kawasan kota Sungailiat. Atau jika anda liburan di Belitung, kami juga bisa menikmati pemandangan aduhai dari atas bukit samak.

Meski bukit Fathin cukup tinggi dan terjal tapi anda tidak perlu susah payah untuk sampai ke puncak bukit ini. Selama mobil yang anda naiki cukup tanggung (mesin bagus) anda bisa terus berkendara hingga ke atas bukit.

Di atas bukit ini terdapat sebuah tempat ibadan yang sangat unik. Terdapat sebuah kolam ikan kecil yang cantik. Dan, pastinya dari atas bukit anda dapat memandang ke arah kota Sungailiat.

Kota kecil yang jadi ibukota kab Bangka ini nampak sangat indah dari atas bukit. Selain itu udara di kawasan bukit ini sangat sejuk dan asri. Pohon-pohon besar nan hijau menghias di sepanjang jalan menuju ke atas bukit.

Berbeda dengan Bukit Fathin Bangka, bukit samak di Belitung menawarkan pemandangan alam sejuk, dan pantai berpasir putih. Dari atas bukit anda dapat melihat sebuah pantai cantik nampak sangat mengagumkan di kejauhan.

Udara di kawasan ini sangat sejuk. Banyak tempat untuk berlindung dari terik matahari.

Jadi jika anda liburan ke Bangka Belitung, bukan hanya ke pantai saja. Tidak ada salahnya untuk melengkapi liburan dengan menikmati landscape perbukitan.

Bukit Samak Belitung (Kawasan A1)
Nah, kalau anda ke Belitung landscape perbukitan ini juga bisa anda nikmati di Bukit Samak.

Dahulu, kawasan ini dikenal sebagai perumahan elit bagi orang-orang Belanda dan para petinggi perusahaan timah. Memiliki pemandangan menghadap laut lepas yang indah, kawasan ini  menjadi daya tarik wisata yang membuat pengunjung betah berlama-lama duduk-duduk di pendopo-pendopo yang ada di sekitar tempat ini. Inilah Bukit Samak, salah satu objek wisata perbukitan yang terkenal di Negeri Laskar Pelangi.
Untuk menuju kawasan Bukit Samak, pengunjung akan melalui jalan berliku dan menanjak dengan pemandangan pepohonan yang rindang di sebelah kanan dan kiri jalan. Hawa sejuk khas perbukitan begitu terasa ketika melewati jalan-jalan di kawasan ini.
Setelah melalui kawasan perbukitan, pengunjung akan tiba di sebuah kawasan yang dikenal dengan sebutan A1. Dari kawasan inilah pemandangan laut yang indah dengan pepohonan rindang di sekelilingnya dapat terlihat.

lempah kuning bangka
Lempah Kuning, Kuliner Khas Bangka

2. Makanan Murah meriah Khas Bangka Belitung 

Seafood segar menjadi sajian yang sangat mudah dijumpai di Bangka Belitung. Maklum saja daerah ini memang dikelilingi oleh laut dan garis pantai. Jadi kalau sudah liburan ke Bangka Belitung tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner seafoodnya.

Jika anda mengikuti paket tour Bangka, anda sudah pasti akan disuguhi kuliner lezat di restoran yang rekomended. Tapi kalau anda traveling sendiri. Dengan layanan sewa mobil di Bangka misalnya, anda juga bisa kok hunting kuliner sendiri.

Tidak harus ke restoran mahal. Tanya saja driver anda untuk menunjukkan tempat kuliner enak tapi tidak bikin kantong bolong. Baik di Bangka maupun di Belitung kuliner enak terkadang malah tidak direstorant meqah dan mahal.

Gangan, Kuliner Khas Belitung
Ada beberapa kuliner lezat di Bangka Belitung yang wajib anda cicipi. Jika anda liburan ke pulau Belitung, anda hatus mencicipi Gangan dan mie Belitung. Sedangkan untuk anda yang tour ke Bangka anda harus mencicipi lempah kuning dan Mie Bangka.

Sekali lagi, baik lempah kuning maupun gangan merupakan makanan khas yang terkenal dan sangat digemari masyarakat lokal di sana. Jadi tidak sulit menemukan rumah makan yang menyediakan kuliner khas Bangka Belitung tersebut.

3. Kamu harus coba wisata ke pulau-pulau Kecil nan Exotic

Bukan cuma ku kuliner, wisata Bangka Belitung juga tidak lengkap kalau belum mencoba traveling dan explore gugusan pulau-pulau kecil nan eksotisnya. Beberapa pulau mungkin sudah sangat familiar.

Sebut saja pulau lengkuas, pulau keyang, pulau pasir, pulau batu belayar, dan pulau burung. Hampir semua travel agent Bangka Belitung memasukkan trip island hopping ke pulau-pulau cantik itu dalam penawaran paket tour Belitung.

Tapi sebetulnya pulau cantik di Belitung bukan hanya itu saja. Masih banyak pulau kecil lainnya yang tidak kalah mempesona. Salah satunya adalah pulau Leebong. Lihat ulasannya di nomor 5 di bawah ini.

Nah itu kalau di Belitung. Bagaimana kalau di Bangka! Apakah ada pulau cantik yang bisa dikunjungi.

Tentu saja. Anda juga harus mencoba liburan ke pulau pulau kecil yang mempesona di Bangka. Gugusan pulau-pulau canti di Bangka sebetulnya terletak di kawasan Bangka selatan. Tapi jaraknya yang cukup jauh, dan fasilitas serta sarananya masih belum terlalu banyak di kelola membuat pulau-pulau tersebut masih jarang dikunjungi.

Tapi tenang saja masih ada beberapa pulau lain yang sudah mantab untuk dikunjungi, dan mudah di akses. Beberapa yang sudah semakin populer adalah pulau ketawai, pulau putri, pulau kelapa, pulau lampu, pulau semujur dan pulau panjang.

So, sudah siap liburan dan menikmati pesona pulau-pulau menawan di perairan bangka Belitung?.

4. Indahnya Pantai Parai Tenggiri & Danau Biru Air Bara

Pantai Parai Tenggiri memang tak bisa dikesampingkan saat wisata ke Bangka. Sulit menemukan pantai cantik dan mengagumkan seperti pantai parai yang sudah dikelola dengan baik serta di dukung oleh berbagai fasilitas bagus.

Selian pantai Parai, danau biru air bara juga harus anda kunjungi kalau mau ikut paket tour Bangka 2019 ini. Tempat ini sedang hits di Bangka. Meski awalnya hanya sebuah bekas galian tambang, tapi sekarang danau ini menjadi sangat cantik dan sudah dilengkap dengan berbagai fasilitas.

Akses menuju ke danau biru Bangka juga sudah sangat bagus. Tempat ini bisa jadi spot apik untuk anda yang ingin swafoto, atau hanya duduk santai dengan es kelapa muda ditemani pemadangan air biru yang menakjubkan.

5. Menikmati liburan Mengesankan di Pulau Leebong Belitung 

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Pulau Leebong merupakan salah satu pulau kecil yang sangat menawan di Belitung. Sangat tepat untuk destinasi liburan keluarga, menikmati suasa romantis bersama pasangan dan bisa jadi tempat outing gathering outbound di Bangka Belitung bagi anda dan rekan-rekan dikantor.

Lihat : paket wisata Leebong Belitung.

Meski belum setenar pulau-pulau lain di Belitung seperti pulau lengkuas, pulau burung dan pulau kepayang namun keindahan pulau ini sangat mengagumkan. Buka hanya pulau dan pantai tapi pulau Leebong sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan sarana hiburan yang siap memanjakan anda.

Bagi anda yang mendambakan suasana liburan yang tenang, jauh dari hiruk-pikuk kebisingan dan rutinitas kota inilah destinasi yang paling tepat untuk Anda bila ingin tour ke Belitung.

Nah, sudah siap untuk explore keindahan wisata Bangka Belitung 2019 ini. Lihat juga : paket liburan Bangka Belitung 2019 di sini.


EmoticonEmoticon