Bangka Hidden Paradise : 40 Objek Wisata Bangka Yang Tidak Biasa

Terkenal dengan keindahan pantai nya yang mengagumkan dan kekayaan kulinernya yang lezat, ternyata destinasi wisata di Pulau Bangka, Prov. Kepulauan Bangka Belitung masih punya segudang objek wisata lain namun belum terlalu populer di kalangan traveller. Khususnys di kalangan wisatawan luar kota.

Meskipun sebagian dari anda sudah pernah ke Bangka, tapi kami yakin masih banyak diantara objek wisata yang kami sajikan dalam artikel ini yang belum anda kunjungi. Sebagian bahkan masih terdengar asing dan masih belum banyak di ulas oleh media.

Setelah melihat lebih detail ternyata jumlah objek wisata di Bangka memang sangat banyak. Apalagi untuk destinasi yang masih tersembunyi.

Ya, Selain beberapa tempat wisata yang sudah populer di kalngan wisatawan (biasanya objek wisata ini sudah ada dalam ittinerary paket-paket liburan yang di kemas oleh travel agent), masih banyak loh tempat lain yang juga tak kalah mengagumkan dan menarik untuk dikunjungi.

Mau tahu semua objek wisata di pulau Bangka yang tidak biasa tapi menawarkan keindahan yang menakjubkan.

Berikut kami sajikan secara lengkap dan ringkas 40 Objek Wisata Bangka yang tidak biasa tapi menarik dan mungkin saja masih banyak dari tempat ini yang belum sempat anda kunjungi. Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi hidden paradise di Bangka, silahkan booking paket tour wisata Bangka bersama BangkaTour.com atau gunakan jasa rental mobil Bangka.

40 Objek Wisata Bangka Yang Tidak Biasa

1. Pantai Tikus Emas
Sekitar bulan agustus 2018 silam, salah satu anak presiden Jokowi sempat menghabiskan waktu di pantai ini. Hamparan pasir yang lembut, pepohonan yang rimbun di sekitar pantai membuat suasana di pantai ini kian menarik. Anda bisa duduk santi, bermain air, menikmati kuliner, melihat penyu hingga bermain watersport. Lokasinya bersebelahan dengan pantai tanjung Pesona Bangka. Jadi jaraknya juga kurang lebih sekitar 1,5 jam perjalanan dari bandar udara Depati Amir Pangkalpinang bangka. Aktivitas liburan yang menarik dilakukan di pantai parai : berenang, berjalan menyusuri pantai, main air dikolam renang, makan di resto, menginap, bbq, api unggun, watersport, foto-foto, tracking pulau, spa, melihat penyu, naik kuda, dan berjemur.

2. Pantai Batu Dinding
Pantai Batu Dinding Belinyu, merupakan salah satu objek wisata yang mempesona di pulau Bangka. Objek wisata ini juga sering masuk dalam salah satu destinasi wisata yang akan anda kunjungi bila menggunakan layanan paket tour Bangka dari Bangka Tour and Travel. Pantai Batu Dinding berada di Sebelah Utara Pulau Bangka, tepatnya di Desa Mantung Kecamatan Belinyu – Kabupaten Bangka – prov Kep. Bangka Belitung, Indonesia. Konon Nama Pantai Batu Dinding berasal dari sebutan salah satu batu granit yang sangat besar menyerupai dinding yang menjadi icon pantai ini. Bentuk batunya bisa di kategorikan seperti batu belimbing karena memiliki guratan – guratan sisi seperti buah belimbing. Mungkin anda juga sedang cari : Paket Tour Wisata Belitung

3. Pulau Lampu
Pulau Lampu merupakan sebuah pulau kecil, terletak bersebelahan dengan Pulau Putri. Dinamakan seperti itu karena terdapat mercusuar untuk memandu kapal yang melewati perairan Penyusuk di malam hari yang dijaga oleh petugas dari Kementerian Perhubungan Unit Palembang. Di pulau ini juga terdapat bangunan tua peninggalan Kolonial Belanda serta makam tua yang merupakan makam penjaga pertama pulau. Tak kalah menariknya dengan Pulau Putri, di pulau ini wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan terumbu karang disekitar pulau dengan ikan – ikan karangnya yang berwarna warni, pemandangan ini dapat disaksikan dengan hanya berenang saja atau snorkeling dan diving. Fasilitas penyewaan alat snorkeling dan diving belum ada di pulau ini, sehingga bagi peminat wisata alam bawah laut, harus menyediakan sendiri peralatan tersebut sebelum menuju ke Pulau Lampu.

4. Pulau Kelapa
Pengembangan wisata pulah kelapa ini terlahir dari para pemuda belinyu penggiat alam, dengan tujuan agar pulau ini bisa menjadi salah satu objek yang tidak bisa dipandang sebelah mata saja, "kami segelintir pemuda belinyu berniat untuk melestarikan pulau ini jadi lebih baik, bahkan bisa menjadi objek wisata di pulau bangka yang tak dengan wisata yang lainnya," ujarnya. Untuk jarak tempuh ke pulau kelapa cuma memakan waktu 15 menit dan hanya merogoh kocek Rp. 25 ribu untuk biaya transportasi pulang-pergi. Keindahan pulau kelapa ini tak kalah eksotisnya dibanding dengan objek wisata pulau yang lain, apabila ini bisa terwujud tentunya akan menjadi salah satu pemasukan bagi warga sekitar.

5. Hutan Mangrov Desa Kurau
Di dalam hutan mangrove, para wisatawan bisa bersantai menggunakan hammock ditemani semilir angin pepohonan. Di lokasi wisata ini, ada beberapa jenis burung yang sedang didata keberadaannya. Suatu saat kawasan ini bisa menjadi lokasi pengamatan aneka jenis burung (birdwatching). Sebagai sumber ekonomi, terdapat tiga buah tambak yang masing-masing berukuran 20 x 30 meter. Tambak ini juga ditanami mangrove sebagai habitat asli pembudidayaan udang, ikan dan kepiting. Salah seorang wisatawan, Niar, mengaku senang berada di tengah hutan mangrove yang masih asri. Ia yang ditemani beberapa teman, bisa mengenal lebih dekat ekosistem di dalamnya.

6. Pantai takari
Satu lagi objek wisata baru yang lagi hits di Bangka. Adalah pantai Takari namanya. Laut yang jernih, pasir pantai bersih, pantai landai, ombak yang tenang membuat tempat ini banyak di kunjungi masyarakat lokal bersma. Kebanyakan pengunjung pantai Takari adalah keluar bersama anak-anak dan kaula muda. Garis pantai ini cukup panjang dan kalau laut sedang surut pengunjung tak terkecuali anak-anak bisa bermain air dengan puas bahkan hingga sejauh 1 KM didepan pantai. Saat berkunjung untuk pertama kalinya ke pantai ini, kami melihat banyak sekali anak-anak sedang asik bermain air dan pasir dibibir pantai.

7. Pantai Air Anyir
Pantai Air Anyir, atau oleh orang local disebut dengan Aik Anyer, terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Sungailiat, ibukota kabupaten Bangka. Dari Pangkalpinang, pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dengan mengambil jalan utama menuju arah ke Sungailiat dan setelah melewati Jembatan Batu Rusa, di jalan berjalur dua, persimpangan segitiga, beloklah ke jalan di sebelah kanan dengan penanda sebuah Kelenteng Hakka untuk Guandi, Guanyin dan Dabogong yang sudah tua. Kawasan ini juga dapat dicapai melalui jalan lintas timur Pulau Bangka.

8. Pantai Tembran
Sebelum ke Pantai Tikus, mampir lah sebentar ke Pantai Temberan. Letaknya hanya sekitar tiga puluh menit dari pusat kota Pangkalpinang. Tepatnya di desa Air Anyir Kabupaten Bangka. Pohon pinus yang tumbuh di sekitar pesisir pantai membuat pinggiran pantai ini menjadi teduh. Pondok - pondok kecil dibangun menghadap ke laut, cukup dengan biaya tiga puluh lima ribu rupiah, pondok yang beratapkan daun rumbia sudah bisa di tempati sepanjang hari.

9. Pantai kualo / Kuala
Sebelum jembatan Emas yang menghubungkan Pangkalpinang-Bangka melalui Jalan Lintas Timur dibangun, tak banyak warga yang bisa mendatangi Pantai Koala dengan mudah. Sekarang, pantai ini menjadi alternatif tujuan berpelesir warga Pangkalpinang dan sekitarnya pada akhir pekan. Sejak jembatan emas resmi di buka, pantai kuala menjadi destinasi favorit warga Pangkal pinang selain pantai pasir padi Bangka.

10. Batu Belimbing Toboali
Kawasan wisata Batu Belimbing, di Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Di bawah batuan itu juga akan di temukan pantai batu perahu yang tidak kalah indahnya, dengan pasir putih dan halus. Geowisata Batu Belimbing Toboali di Kabupaten Bangka Selatan tidak memiliki jam buka seperti pada umumnya. Jadi anda bisa datang pada pagi hari maupun sore hari, namun jika anda ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya anda datang pada pagi hari saat cuaca cerah dan pada sore hari saat matahari mulai kembali ke peraduannya seraya menikmati sunset yang ada di Geowisata Batu Belimbing Toboali. Jika anda ingin berkunjung, maka anda tidak perlu membeli tiket masuk, alias gratis sebab untuk saat ini Geowisata Batu Belimbing Toboali belum menerapkan kebijakan tersebut.

11. Pantai batu bedaun
Pantai Batu Bedaun namanya. Terletak di wilayah kecamatan Sungailiat, kabupaten Bangka merupakan salah satu destinasi wisata yang baru dihidupkan kembali dalam tahun 2017 setelah lama ditinggalkan. Pantai yang terletak sekitar 4 km dari pusat kota ke sebelah Utara, dulunya dilokasi ini pernah dibangun hotel berbintang namun tidak dapat diselesaikan dan ditengah perjalanan, pembangunan dihentikan. Sisa pembangunan masih terlihat di lokasi obyek wisata ini. Kawasan pantai yang dimiliki perseorangan ini, mulai kembali dibuka sebagai kawasan tujuan wisata oleh pemilik lahan. Kini dibangun rumah makan, serta saung yang dapat disewakan Rp 20.000 sebagai tempat duduk - duduk santai sambil menikmati indahnya pantai Batu Bedaun. Dinamakan pantai Batu Bedaun karena batu granit yang berada tidak jauh dari lepas pantai tumbuh pohon kecil. Hingga saat ini masih terlihat batu ditumbuhi pohon kecil (berdaun). Inilah yang saya tahu tentang pantai ini sehingga dinamakan Batu Bedaun.

12. Benteng Kota Kapur
Situs Kota Kapur merupakan situs benteng tanah tempat ditemukannya Prasasti Kota Kapur, berangka tahun 608 saka (686 Masehi), yang merupakan prasati persumpahan berbentuk lingga dengan bahasa Melayu kuno dan ditulis dalam aksara palawa, yang menjadi penanda bahwa wilayah tersebut merupakan bagian dari Kerajaan Sriwijaya. Pada akhir prasasti disebutkan bahwa prasasti dipahat pada tanggal 28 April 686, ketika Bala tentara Sriwijaya baru berangkat menyerang Bhumi jawa. Prasasti tersebut ditemukan oleh J.K. van der Meulen pada bulan Desember 1892 . Selanjutnya, prasasti ini pertama kali dianalisis oleh H. Kern, seorang ahli epigrafi bangsa Belanda yang bekerja padaBataviaasch Genootschap di Batavia. Replika prasasti dapat dilihat di Museum Timah Indonesia. Situs ini terletak di Desa Kota Kapur, Kec. Mendo Barat, Kabupaten Bangka. Sebelum Sriwijaya, kelompok masyarakat yang menghuni pemukiman di dalam lingkungan benteng tanah adalah penganut ajaran Hindu Waisnawa seperti yang berkembang di Asia tenggara daratan dan Pantai Utara Jawa. Dari pemukiman itu dipasarkan Kapur Sirih. Pada tahun 1922, ditemukan bagian atas sebuah arca yang berciri-ciri sebagai arca Wisnu, yang berdasarkan langgamnya diduga berasal dari sekitar abad 6-7 masehi dengan langgam Pra-Angkor yang mengindikasikan bahwa Kota kapur berhubungan dengan Kerajaan di Asia tenggara daratan. Selanjutnya pada tahun 1993 ditemukan struktur bangunan dan potongan-potongan arca. (*Sumber: Disbudpar Prov babel dan BP3 Jambi)

13. Bukit Menumbing
Bukit/Gunung Menumbing terletak di Desa Air Belo, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter Dpl. Gunung Menumbing juga merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh belanda pada tahun 1948 - 1949 Di Pulau Bangka. Selain Gunung Menumbing terdapat berbagai jenis Gunung lain seperti Gunung Maras dengan ketinggian 700 M, Gunung Mangkol dengan ketinggian 347 M, Gunung Permis 453 M dan Gunung Puding dengan ketinggian 510 M. pada gunung ini terdapat tempat peristirahatan Bung Karno yang bernama Jati Wisata. wisma atau tempat pengasingan bung karno tersebut di jaga oleh keluarga dari Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang terus di lestarikan dari generasi ke generasi, yang dari awal bertanggung jawab untuk menjaga bung karno dan bung hatta selama pengasingan di bangka agar aman.

14. Pantai tapak Antu
Sebenarnya pantai ini sudah masuk wilayah teritori Bangka Tengah. Tetapi cukup terjangkau dari pusat kota Pangkalpinang. Letaknya di desa Batu Belubang Kabupaten Bangka Tengah. Beberapa menit saja dari pantai Pasirpadi. Dinamakan pantai telapak antu karena di salah satu batu di pantai ini terdapat sebuah jejak kaki yang berukuran lebih besar dari kaki manusia biasa. Usut punya usut jejak kaki ini merupakan salah satu jejak kaki Akek Antak yang pernah hidup di Pulau Bangka.

15. Red Hill Bangka / danau ampar
Jika biasanya bukit-bukit memesona dengan warna hijaunya, kali ini Bangka mempersembahkan yang lain namun tetap indah. Gundukan-gundukan yang terbentuk secara alami berwarna merah ini dikenal dengan nama Redhill atau Danau Ampar yang berlokasi di daerah Riding Panjang, Kabupaten Bangka. Selain itu, tanah-tanahnya yang tandus hingga pecah-pecah justru semakin menambah keeksotisan dari lokasi yang satu ini. Bukit-bukit yang berwarna merah ternyata bukanlah satu-satunya pesona dari Redhill. Di tengahnya terdapat danau dengan airnya yang berwarna biru sempurna. Apalagi jika kamu datang di pagi hari, di mana sinar matahari sedang cantik-cantiknya. Kamu akan melihat kecantikan air dari danau ini yang mengundangmu untuk berenang. Namun, ada baiknya kamu menahan keinginan tersebut karena air di sini belum tentu aman untuk kulitmu. Tenang saja, keindahan sekitarnya yang luar biasa akan memuaskan hobi fotografi.

16. Pantai Tanjung Kerasak
Pantai Tanjung Kerasak yang terletak lebih kurang 20 Km dari kota Toboali, merupakan pantai berpasir putih dan berair jernih dan tenang. Disekitar pantai, tumbuh hutan-hutan alam yang lebat. Hamparan bebatuan disekitar pantai memperindah panorama pantai ini, terutama pada waktu air laut surut. Pantai ini ramai dikunjungi masyarakat pada hari-hari libur, terutama hari minggu.

17. Pantai Tanjung Bunga
Tidak jauh dari Pantai Pasir padi, pantai Tanjung Bunga juga masih satu garis pantai dengan Pasir Padi. Letaknya pun sama di Kelurahan Air Itam. Jika masuk melalui Gerbang Pantai Pasir Padi, berbeloklah ke arah kanan, Pantai Tanjung Bunga terletak di selatan pantai pasir padi. Batu - batu yang terhampar di pesisir berpadu dengan teduhnya pohon - pohon yang menghadirkan angin sepoi - sepoi membuat tenang ketika berkunjung ke pantai ini.

18. Wisata Golf Girimaya Pangkalpinang
Salah satu tempat wisata olahraga yang kini tengah menjadi sorotan pemerintah Kepulauan Bangka Belitung adalah Padang Golf Bukit Intan atau yang sering disebut juga sebagai lapangan golf Girimaya. Lapangan golf Bukit Intan berada di area perbukitan Bukit Girimaya, kecamatan Bukit Intan. Lapangan ini berada di wilayah yang cukup strategis, karena terletak dekat dengan pusat pemerintahan kota Pangkalpinang, hotel berbintang seperti Novotel dan Santika serta hanya 10 menit dari bandara Depati Amir. Karena letaknya di perbukitan, Anda bisa menikmati pemandangan indah kota Pangkalpinang baik di malam hari maupun siang hari dari tempat ini. Suasana asri hutan alami dan udaranya yang segar membuat lapangan golf Bukit Intan tak hanya nyaman digunakan bermain golf saja, tapi juga sering dipakai sebagai area olahraga jogging, jalan-jalan atau olahraga lainnya oleh masyarakat setempat.

19. Wisata Kelenteng / Kuil / Viahara
Selain masjid jumlah vihara merupakan rumah ibadah ke 2 dengan jumlah paling banyak di Bangka. Anda bisa dengan mudah menjumpainya. Beberapa kelenteng di kota Pangkalpinang dan kab Bangka bahkan merupakan kelenteng bersejarah karena usianya yang sudah sangat tua. Tidak heran kalau kelenteng atau kuil / vihara menjadi salah satu destinasi wisata religi di Bangka yang paling banyak di kunjungi wisatawan yang berkunjung ke pulau bangka.

20. Pantai Tanjung Kelayang sungailiat Bangka
Jika menyebut kata Pantai Tanjung Kelayang, maka persepsi orang akan mengatakan hanya ada di Pulau Belitung. Kenyataannya, di Sungailiat juga ada Pantai Tanjung Kelayang yang tidak kalah indahnya dengan yang ada di Pulau Belitung. Pantai ini berada di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. \

Pantai cantik ini terletak antara Pantai Matras yang panjang di utara, serta Pantai Parai Tenggiri yang eksotis di bagian timurnya. Lokasi Pantai ini agak tersembunyi baik secara lokasi maupun keindahannya. Pantai Tanjung Kelayang dikelilingi batu-batu granit yang besar berhiaskan pepohonan ketapang dan pandan-pandan berduri tumbuh di sela-sela bebatuan yang menjulang tinggi. Semuanya menambah keunikan Pantai Tanjung Kelayang yang berada di Pulau Bangka. Selain itu, pantai ini cocok untuk berenang karena landai dan berpasir putih.

21. Pantai Tanjung Kalian
22. Pantai rebo
23. Pantai Bakit
24. Pantai Sumur 7 Koba
25. Pulau Semujur
 26. Pulau Nangka
27. Pantai Siangau
28. Pantai Tanjung Ular
29. Wisma Ranggam
30. Pantai Teluk Penyu
31. Pantai Batu Kapur Bangka Selatan
32. Pantai Batu Perahu Bangka Selatan
33. Pantai Batu Namak
34. Benteng Toboali
35. Pantai Batu Berikat
 36. Pantai Penyak
 37. Pantai Pukan
38. Pantai Pasir Kuning Tempilang
39. Pantai Teluk Uber
40. Pantai Teluk Limau

Itulah ulasan ringkas seputar Bangka hidden paradise : 40 Objek Wisata di Bangka yang tidak biasa (tersembunyi) yang bisa anda kunjungi untuk liburan bersama sahabat, keluarga, atau rombongan kantor. Anda bisa menikmati berbagai daya tarik wisata Bangka itu dengan memanfaatkan jasa Sewa Mobil Bangka, berkendara sendiri, atau memanfaatkan layanan paket tour Bangka dari tor and travel di Bangka.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi hidden paradise di Bangka, silahkan booking paket tour wisata Bangka bersama BangkaTour.com atau gunakan jasa rental mobil Bangka.

Untuk Layanan Sewa Mobil Bangka Murah, Rental Mobil Pangkal Pinang Lepas Kunci Matic, rental mobil Bangka Avanza, Sewa Mobil Bangka Lepas Kunci atau Termasuk supir, Berizin, resmi, BangkaTransport.com, Bangka Tour and Travel (BangkaTour.Com), Ayu Rental Bangka, EnjoyBelitung.com, dan BB Rental bangka bisa anda pilih sebagai solusi rental mobil di Bangka, dan penyedia paket liburan wisata Bangka yang sudah dipercaya sejak lama oleh puluhan ribu pelanggan.


EmoticonEmoticon