9 Objek Wisata Favorit di Kota Pangkalpinang

Mengunjungi objek wisata favorit di Pangkalpinang bisa jadi salah satu tujuan utama saat anda berkunjung ke pulau banga. Selain menjadi pintu masuk utama prov. Babel, Pangkalpinang juga memiliki berbagai objek wisata menarik yang sayang untuk di lewatkan.

Biasanya wisatawan yang traveling ke Bangka menggunakan waktunya untuk city tour kota Pangkalpinang pada hari terakhir kunjungan mereka. Meski begitu bukan berarti objek wisata di kota ini tidak banyak. Bahkan objek wisata di Pangkalpinang bisa di bilang cukup komplit.

Untuk mengunjungi berbagai tempat wisata di Pangkalpinang anda wisatawan biasanya menggunakan layanan paket tour Bangka dan jasa rental mobil di Bangka.

Inilah beberapa objek wisata favorit di Pangkalpinang

1.Wisata Pantai Pasir Padi
Inilah 'ancol-nya' kota pangkalpinang, Bangka. Pantai landai dengan pasir putih dan ombak yang tenang ini selalu ramai terutama saat akhir pekan.

Garis pantai pasir padi ini cukup panjang. Jadi anda bisa berkeliling menyusuri pantai sambil bermain air. Dan, dipantai ini juga terdapat sejumlah restorant, warung-warung kecil dan juga sebuah hotel.

Lokasi pantai ini cukup dekat dari bandara depati amir. Kalau anda menggunakan rental mobil di Bangka, anda tidak akan kesulitan mendatanginya karena anda hanya perlu berkendara sekitar 10 menit perjalanan saja.

Anda bisa bertanya pada siapa saja, karena semua orang dikota ini pasti tahu lokasi pantai pasir padi ini. Begitu juga bila anda rental mobil lengkap dengan supir, anda tinggal mengatakan tujuan anda, maka supir pasti tahu lokasi pantai tersebut.

2. Wisata Bangka Botanical Garden
Bangka Botanical Garden atau BBG adalah salah satu icon agrowisata favorit di Bangka Belitung. Di pulau Bangka, kota Pangkalpinang khususnya, BBG telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata andalan dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kawasan agrowisata ini meruapakan area hijau seluas 300 hektar.

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Bangka Botanical Garden (BBG) bisa menikmati suasana damai nan sejuk, sekaligus belajar tentang usaha pertanian, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik yang sudah berjalan dengan baik ditempat ini. Apalagi letaknya cukup strategis, bersebelahan dengan pantai Pasir Padi, dan mudah dijangkau dari pusat kota Pangkalpinang.

Bangka Botanical Garden (BBG) didirakan akhir 2006 untuk menyediakan bibit reklamasi lahan bekas galian tambang akan dikembangkan menjadi area agro tourism setelah banyak pihak yang meminta. Awalnya BBG merupakan bentuk Corporat Social Responsibility perusahaan peleburan timah PT Dona Kembara Jaya.

Bangka Botanical Garden memang sangat menarik dikunjungi. Terbukti BBG bahkan telah menarik perhatian Menteri Kehutanan MS Kaban dan Menteri Negara Badan Usaha Milik negara Sofyan Djalil kala itu, untuk mengunjunginya. Objek wisata yang satu ini juga telah menarik kunjungan dari 10 walikota di Indonesia, duta besar Indonesia untuk negara sahabat, serta sejumlah pakar dari Belanda dan Taiwan.

3. Jembatan Emas
Sejak dibangun enam tahun lalu, akhirnya Jembatan Emas yang menghubungkan Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka, mulai digunakan masyarakat Negeri Junjung Besaoh, Provinsi Bangka Belitung.

Jembatan sepanjang 785 meter, dengan lebar 23 meter, membentang di atas aliran Sungai Pangkal Balam, wilayah Ketapang, Pangkalpinang, ini berdiri sangat kokoh.

Menghabiskan dana APBD Rp400 miliar, jembatan akronim dari nama mantan Gubernur Bangka Belitung Eko Maulana Ali Soeharso, ini langsung menjadi ikon baru pariwisata, di Provinsi Bangka Blitung.

Hebatnya, jembatan ini satu-satunya yang memakai teknologi bascule atau sistem buka tutup, di regional Sumatera, yang proses pengerjaannya memakai konsultan ahli dari Inggris, sehingga terlihat megah.

4. Museum Timah Indonesia
Selain pantai di pangkalpinang anda juga bisa mengunjungi meseum timah. Inilah mesum timah pertama di Indonesia. Didalam museum ini banyak sekali koleksi barang-barang yang terkait dengan pertambangan timah di pulau Bangka daei masa ke masa.

Selain menarik untuk menambah wawasan dan objek foto, dimuseum timah ini pengunjung juga bisa belanja buah tangan seperti kerajinan yang terbuat dari Timah, kaos dan lain-lain.

Museum Timah buka setiap hari kecuali hari Jumat. Tidak sulit menemukan museum ini karena lokasinya berada dipusat kota, dekat dengan kawasan belanja oleh-oleh dan alun-alun kota Pangkalpinang.

5. Alun-alun Lapangan merdeka
Alun-alun atau Lapangan Merdeka merupakan tempat yang sering digunakan warga setempat untuk nongkrong atau berkumpul bersama keluarga atau teman setelah jam kerja atau saat malam hari, terutama saat akhir pekan. Mereka juga suka berolahraga pagi, seperti jogging dan olahraga lainnya di area ini.

6. Galeri Batik Cual Ishadi
Museum Cual Ishadi terletak di Jalan Ahmad Yani No. 46 Kelurahan Taman Sari, Pangkalpinang. Museum ini merupakan museum pertama dan satu-satunya di Pangkalpinang yang memberikan wawasan tentang kain tenun khas Bangka Belitung, sehingga museum ini menjadi salah satu daya tarik wisata sejarah Bangka Belitung.

Museum ini diresmikan pada tanggal tanggal 15 Agustus 2017 oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni Bapak Erzaldi Rosman. Museum ini sendiri dapat berkembang dan dijadikan museum seperti sekarang karena usaha dan perjuangan ibu Isnawati “Ishadi” Hadi dalam melakukan pelestarian budaya dan mengoleksi kain tenun cual.

Di Museum Kain Cual Ishadi terdapat kain tenun cual kuno berusia sekitar 200 tahun yang diperoleh Atok Usang dari Abdul Hadi sehingga Museum Cual Ishadi memiliki tiga lembar koleksi kain, dua lembar diantaranya merupakan peninggalan Kakek Buyut (Atok Usang) dan 1 lembar dari orangtuanya.

7. Belanja Oleh-oleh
Ada banyak tempat yang menawarkan beragam oleh-oleh khas Bangka yang berdiri dikota Pangkalpinang. Salah satunya berada dikawasan jln. Jendral sudirman. Dijalan ini berjejer toko-toko oleh-oleh.

Beberapa oleh-oleh khas. Bangka yang terkenal seperti getas, aneka kerupuk ikan, telur cumi, kaos, pernak-pernik bisa anda temukan dikawasan ini. Beberapa toko oleh-oleh yang cukup terkenal diantaranya BTS, LCK, Kartini, dan masih banyak lagi.

8. Wisata Kuliner
Sebagai kota yang paling besar di Bangka Belitung, anda bisa menemukan beragam kuliner khas. Babel dikota Pangkalpinang.

Sebut saja lempah kuning Bangka, martabak bangka, otak-otak Bangka, Es Ayong, Es Anggrek, Mie Bangka, dan masih banyak lagi.

Beberapa restoran dan tempat wisata kuliner di Pangkalpinang anatara lain ; es ayong, otak-otak Ase, otak-otak Amui, restoran Asui, restoran pondok greng, Dayang 2, Mr. adok, warung kopi Tungtau, martabak pingkong dan mie kobak dan lain-lain.

9. Pasir Padi Bay
Kawasan wisata Pasir Padi Bay telah melakukan peletakan batu pertama yang resmi dilakukan Gubernur Babel Rustam Effendi, Walikota Pangkalpinang M. Irwansyah dan Ketua REI Babel Thomas Jusman, Senin (2/5/2016) pagi. Acara ground breaking kawasan wisata tersebut juga dihadiri owner Pasir Padi Bay Jhon Semampau, Forkopimda, ketua Kadin Pangkalpinang serta tamu undangan.

Pasir Padi Bay merupakan kawasan wisata terpadu, terbesar dan pertama di Negeri Laskar Pelangi. Di kawasan ini akan dibangun condotel suites, waterpark, waterboom, plaza ekshibition, area entertainment, supermarket serta kompleks hunian berkonsep khusus tepat di tepi pantai Pasir Padi.

Kawasan ini pun digadang-gadang bakal menjadi ikon kota Pangkalpinang dan diyakini akan menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Oky itulah sekilas tentang 9 objek wisata Favorit di kota Pangkalpinang. Untuk mengunjungi berbagai daya tarik wisata itu anda sebaiknya memesan rental mobil di Pangkalpinang Bangka. Karena selain lebih hemat dibandingkan taxi argo, anda bisa lebih nyaman karena didampingi oleh supir yang paham seluk-beluk kota ini.

Kalau mau pesan sewa mobil murah di Bangka, anda bisa menggunakan jasa rental mobil Bangka Transport.com

Oh ya, sebagai ibu kota provinsi Babel anda juga bisa menemukan banyak sekali akomodasi di kota Pangkalpinang. Mulai dari penginapan, hingga hotel berbintang bisa anda pilih dan pesan sesuai budged dan keinginan anda.


EmoticonEmoticon