Panorama Cantik Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Tour Belitung - Pantai Tanjung Tinggi Belitung adalah salah satu pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat Belitung.

Karena keindahannya yang sudah sangat terkenal baik di dalam maupun di luar negeri. Panorama alamnya yang cantik bisa membuat siapapun jatuh cinta dan ingin datang kembali ke pantai ini. 

Tidak hanya untuk dinikmati, bagian bawah lautnya pun bisa dijelajahi dan melihat keeksotisan makhluk bawah laut yang beraneka ragam dan warna. Terlebih karena pantai ini merupakan teluk sehingga berombak kecil yang cukup aman untuk aktivitas olahraga air. Pesona keindahan alam ini pula yang menjadikan Pantai Tanjung Tinggi Belitung sebagai latar film Indonesia yang populer yaitu Laskar Pelangi. 

Ingat bagaimana Haikal dan kawan-kawan beramain diantara bebatuan besar granit ? 
Bebatuan tersebut berada di pinggir Pantai Tanjung Tinggi Belitung ini.

Lokasi Pantai Tanjung Tinggi Belitung
Masih merupakan bagian dari Kabupaten Belitung tepatnya di Kecamatan Sijuk, serta berjarak 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini berada di antara 2 semenanjung yaitu Tanjung Pendam dan pantai Tanjung Kelayang. Tanjung tinggi sendiri berarti semenanjung yang memiliki pantai dengan bebatuan yang tinggi. 

Luas pantai ini sekitar 80 hektar dan terdapat ratusan batuan granit dengan variasi ukuran yang menyebar di pantai dan di kedua semenanjung tersebut. Ukuran batuan granit mulai dari yang kecil hingga besar, bahkan sebesar sebuah bangunan rumah. Pantai ini juga memiliki karang sepanjang 100 meter.

Keindahan Pantai Tanjung Tinggi Belitung
Pasir pantai berwarna putih dan halus yang terhampar, laut biru kehijuan yang jernih serta latar langit biru berselaput awan putih akan membuat pengunjung seolah berada di dunia lain. Keindahan panorama yang alami dan segar serta memanjakan mata. Pengunjung bisa menikmati keindahan tersebut sambil berjemur di pantai atau bermain-main di atas pasir lembutnya.

Dunia bawah laut pantai ini juga sangat mempesona. Terdapat banyak biota yang beragam bentuk dan jenisnya. Ada jenis ikan Atherinomorus sp yang jumlahnya ribuan dan sering membentuk formasi yang indah ketika berenang. Terdapat pula beragam lamun dengan warna-warni yang cantik. Tidak ketinggalan pula terumbu karang sebagai rumah ikan-ikan kecil yang menawan. Meskpun begitu pengunjung juga harus berhati-hati karena terdapat ubur-ubur yang bisa menyengat.

Batuan granit di pinggir pantai juga mempunyai nila eksotis tersendiri. Terutama bagi pecinta fotografi, bisa menjadi lokasi bagus untuk mengambil beberapa objek gambar. Ketika matahari terbenam pun batuan granit bisa menjadi latar sunset yang indah.

Apa saja yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi Belitung
Pengunjung bisa sekedar berjalan-jalan dengan kaki telanjang di sepanjang pantai sambil menikmati lembutnya pasir pantai dan hembusan angin laut yang segar. Mata pun sudah dimanjakan dengan paduan warna alam yang mempesona dari laut dan langit. Lihat Paket Wisata Belitung 2019 dan paket Paket Tour Bangka Belitung

Namun jika sudah bosan berjalan-jalan, pengunjung bisa mencobaa menelusuri keindahan dunia bawah laut  dengan menyelam atau snorkling. Atau pengunjung juga bisa menyewa kano atau jetski yang sudah disediakan jika ingin menyusuri sekitar laut pantai tersebut. Ombak yang tenang memberikan keamanan bagi pengunjung yang ingin melakukan berbagai macam olahraga air.

Selain itu pengunjung juga bisa berkeliling disekitar batuan granit yang beragam ukurannya itu. Akan sangat menakjubkan untuk mengambil beberapa buah foto di lokasi tersebut. Kemudian setelah lelah pegunjung bisa menikmati kuliner dari rumah makan yang banyak terdapat di sekitar pantai. Ada menu khas Belitung yang tidak boleh dilewatkan yaitu Gangan. 

Merupakan makanan sayur yang berbahan utama kepala ikan dengan paduan bumbu kunyit dan nanas muda. Rasanya yang khas akan semakin melengkapi liburan ke Belitung spesial di Pantai Tanjung Tinggi Belitung.

N/B: Baca juga 8 tempat terbaik untuk menikmati senja di Belitung dari Blog bisnis, investasi, perencanaan keuangan, travel dan wisata ini.


EmoticonEmoticon