Keraton Surakarta, Solo

Keraton Surakarta
Banyak wisatawan yang sekaligus mampir ke Solo saat mengikuti / mengadakan Liburan di Jogjajarta. Jarak tempuh kota ini memang cukup dekat dari kota Jogja. Nah, seperti halnya Keraton Jogja, Kraton Surakarta juga menjadi satu destinasi wisata favorit di Solo.

Kraton Surakarta merupakan pusat kebudayaan Kota Solo dan dibuka untuk umum setiap harinya. Kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sunan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini.

Di Keraton Kasunanan Surakarta ini terdapat Art Gallery yang menyimpan bermacam benda-benda bersejarah yang mempunyai nilai seni dan sejarah yang tinggi. Beberapa koleksi yang ada diantara lain kereta kencana, bermacam-macam senjata, wayang kulit, ada juga berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, dan benda-benda peninggalan jaman dulu lainnya.

Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa tradisional yang terbaik. Bangunan Keraton terdiri dari bangunan inti dan lingkungan pendukungnya seperti Gapura (pintu gerbang) yang disebut Gladag pada bagian Selatan. Kemudian juga terdapat Masjid Agung dan Pasar Batik yang terkenal yaitu Pasar Klewer.

Secara umum pembagian keraton meliputi: Kompleks Alun-alun Lor/Utara, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Sitihinggil Lor/Utara, Kompleks Kamandungan Lor/Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Srimanganti Kidul/Selatan  dan Kemandungan Kidul/Selatan, serta Kompleks Sitihinggil Kidul dan Alun-alun Kidul.

Kompleks keraton ini juga dikelilingi dengan baluwarti, sebuah dinding pertahanan dengan tinggi sekitar tiga sampai lima meter dan tebal sekitar satu meter tanpa anjungan.

Keraton Surakarta ini merupakan simbol dan cikal bakal kota Surakarta atau sekarang lebih dikenal kota Solo. Sebuah tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan ketika mengikuti tour Jogja Solo.

Beragam sarana transportasi bisa digunakan untuk menjangkau lokasi Karton ini, terutama sarana transportasi tradisional seperti becak dan andong. Lokasinya terletak tepat di pusat kota Solo, berdekatan dengan beberapa landmark kota, seperti Pasar Klewer, Balaikota dan Pasar Gede.

Tertarik mengunjungi Keraton Surakarta ?. Dapatkan penawaran istimewa untuk Wisata Solo Jogja atau Paket Tour Jogja, dari kami. Hubungi kami Sekarang!


EmoticonEmoticon