Wisata Solo Jogja

Kraton
Solo juga disebut Surakarta. Sebuah kota tua dengan tradisi kuno yang terus dibanggakan oleh masyarakatnya. Ya, Masyarakat Solo memang pandai memelihara budaya lokalnya. Biasanya kota ini menjadi persinggahan oleh wisatawan yang liburan ke Jogjakarta karena jaraknya hanya .

Banyak hal yang bisa dilakukan disolo, mulai dari wisata belanja, wisata budaya, kuliner, hingga bercengkerama secara langsung dengan keramahan masyarakatnya. Anda bisa memulainya dengan menjelajahi kota sambil melihat keraton Solo. Untuk menikmati kemegahan keraton Solo anda harus mematuhi beberapa aturan, seperti tidak memakai kacamata hitam, jaket, sandal, dan celana pendek.

Dari keraton anda bisa berbelanja batik dan kerajinan yang berkualitas di pasar tradisional di Pasar Klewer. Beberapa usaha batik terkenal di Solo adalah Batik Keris dan Batik Danarhadi.  Bila ingin tahu lebih dalam tentang batik, datanglah ke House of Danar Hadi, sebuah museum batik yang terlengkap di Indonesia.

Lengkapi liburan anda di solo dengan menikmati kuliner, melihat atraksi budaya seperti tarian-tarian solo, wayang kulit. Bila beruntung anda dapat menyaksikan event tahunan yang meriah yakni 'Solo Batik Carnival". Sebuah karnaval tahunan dengan batik sebagai materi utama kostumnya.

Kuliner sangat dominan di Solo. Tempat ini menyajikan banyak jajanan kuliner tradisional yang lezat. Sejumlah makanan khas Surakarta di antaranya: nasi liwet, nasi timlo, nasi gudeg, cabuk rambak, serabi Notosuman, intip, bakpia balong, dan masih banyak lagi.

Tidak sulit berkunjung ke Solo, karena tempat ini sudah memiliki bandara internasional yang terhubung dari Jakarta, Malaysia, dan Singapura. Di dalam kota anda dapat mencoba pengalaman unik dengan becak, atau kereta tradisional 'andong'.

Anda juga bisa memilih berbagai akomodasi dengan mudah di Solo. Di tengah kota ada Hotel Indah Palace hotel bintang tiga dan untuk hotel bertaraf internasional ada hotel Ibis serta Novotel.

Aktfitias lain yang menarik di Solo adalah wisata alam disekitarnya. Anda bisa menikmati air terjun Tawangmangu dan kawasan wisata Selo. Tinggallah beberapa hari untuk menjelajahi exotisme wisata Solo dan Jogja sekaligus. Baca juga : Paket Tour Wisata Belitung


EmoticonEmoticon