Wisata Kuliner Yogyarta

Prambanan
Tidak lengkap rasanya liburan di Yogyakarta jika tidak mencicipi aneka kuliner-nya yang lezat. Selain dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya, Jogja juga dikenal akan kulinernya yang beragam. Sebutannya sebagai "Kota Gudeg" merupakan salah satu cermin bahwa Jogja memang memiliki kuliner yang sangat khas.

Makanan Jogjakarta yang lebih manis mungkin akan mengejutakan Anda untuk pertama kali, tapi banyak orang yang rindu makanan jawa yang enak setelah mencobanya, jadi mungkin Anda punya pengalaman yang sama.

Wisata Yogayakrta ini manawarkan banyak makanan enak. Dari bakpia, wingko babat, yangko sampai enting-enting kacang, para pengunjung akan puas menemukan banyak pilihan makanan enak di kota ini.

Di Yogya terdapat banyak makanan khas yang menggoda selera. Berikut Sekilas refrensi wisata kuliner Jogja.

Gudeg Jogja
Gudeg merupakan salah satu wisata kuliner khas Jogja yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Tidak jarang hotel-hotel berbintang lima yang mendapatkan permintaan makanan gudeg dari wisatawan asingnya. Hal ini membuat gudeg menjadi menu wajib bagi hotel di Yogyakarta.

Jika anda ingin menikmati Gudeg, perhatikan jenis gudeg apa yang anda inginkan. Gudeg ada 2 jenis, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Perbedaan dari gudeg ini adalah: Gudeg kering tidak memiliki kuah, rasanya lebih manis, dan warna gudeg lebih gelap/hitam. Sedangkan Gudeg basah memiliki kuah sayur tempe atau tahu yang telah dipotong.

Makanan ini dibuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional, kadang- kadang dengan telur dan ayam. Kulit sapi, dimasak sampai empuk biasanya di makan bersama dengan gudeg dan nasi. Kebanyakan restoran di Jogjakarta menjual makanan ini.

Soto Khas Jogja
Soto sudah banyak dijumpai di berbagai kota di Indonesia, setiap kota memiliki soto yang khas, termasuk Jogja, salah satu makanan khas Jogja lainnya yaitu soto Jogja. Soto yang terkenal di Jogja adalah soto Kadipiro yang terletak di Jl. Wiramata Tegal Rejo Yogyakarta. Harga satu porsinya sekitar 8.000 rupiah.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Jogja yang patut untuk anda coba. Daftar diatas hanya makanan khas Jogja yang digemari oleh para wisatawan. Jika anda berlibur ke Jogja sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khas Jogja. Jika anda suka berwisata kuliner wisata kuliner Jogja bisa dijadikan salah satu alternative wisata kuliner anda.

Mangut Lele
Lele merupakan ikan yang mengandung banyak gizi dan lezat rasanya. Salah satu makanan khas Jogja yang terbuat dari Lele adalah mangut Lele. Mangut ini sebenarnya sama dengan mangut lainnya yang berbeda hanya ikannya saja. Mangut lele yang terkenal enak di Jogja adalah mangut lele Mbah Marto yang terletak di Dusun Geneng Sewon Banul. Harga perporsinya 8.000 atau 10.000 dengan menu komplit.

Bakmi Jawa
Bakmi jawa berbeda dengan bakmi lainnya rasanya yang khas menjadi daya tarik tersendiri. Bakmi Jawa yang terkenal di Jogj dalah Bakmi Jawa Mbah Mo, namun letaknya terpecil di desa Code.

Tertarik menikmati wisata kuliner khas Jogja, segera bergabung dengan Paket Tour Jogja dari kami. Penawaran paket wisata Yogyakarta terbaik segera travel anda. Baca juga : Paket Tour Wisata Belitung


EmoticonEmoticon