Wisata Jogja - Candi Borobudur

Wisata Jogja - Candi Borobudur
Wisata Jogja - Anda tentu sudah tak asing lagi dengan Candi Borobudur. Monumen megah ini merupakan mahakarya arsitektur Budha yang sangat menakjubkan. 

Keajaiban dunia yang satu ini lebih tua dibanding Candi Ankor Wat di Kamboja dan 400 tahun lebih tua dibandingkan katedral-katedral agung di Eropa. Bahkan untuk pembangunannya membutuhkan waktu hampir 1 abad lamanya.

Candi ini nampak seperti puzzle raksasa yang tersusun dari 2 juta balok batu vulkanik, dipahat sedemikian rupa sehingga saling mengunci satu dengan yang lain. Ansambel relief Borobudur merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya. Menariknya hingga kini Borobudur masih berfungsi sebagai tempat ibadah.

Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga pada tahun 824 M. Bangunan candi Budha ini berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat dengan ketinggin 42 meter. Masing-masing  tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia.

Candi Borobudur juga menjadi salah satu jejak paling penting dalam sejarah perkembangan peradaban manusia. Kemegahan dan keagungan arsitektur Candi Borobudur merupakan harta karun dunia yang mengagumkan dan tak ternilai harganya. Hingga awal abad ke-11, Candi Borobudur menjadi tempat suci dan tempat ziarah umat Budha dari berbagai negara seperti India, China, Kamboja, dan Tibet.

Sir Thomas Stanford Raffles menemukan candi Borobudur pada tahun 1814. Meski pernah tertimbun dan terbengkalai namun hingga kini borobudur masih sangat megah. Baca juga : Sewa Mobil Bangka

Dengan segala kemegahan dan nilainya wajar jika jutaan orang dari berbagai negara dunia memasukkan Borobudur sebagai tempat yang harus dikunjungi dalam hidupnya. Dengan mengunjungi candi megah ini Anda bisa belajar tentang sejarah dan pesan penting yang ditangkap pada relief candi. Mengunjungi borobudur juga menjadi pengalaman unik yang tidak dapat anda dapatkan ditempat lain.

Anda bisa mendaki hingga puncak candi dan beristirahatlah sambil nikmati pemandangan gunung yang hijau di sekitarnya. Abadikan setiap objek foto indah yang Anda inginkan dengan kamera Anda.

Candi Borobudur, Jogjakarta memiliki 100 talang air berbentuk patung ikan berkepala gajah (makara) yang berfungsi sebagai saluran air. Dahulu, air hujan yang mengalir melalui makara akan terlihat seperti air mancur.

Hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di kawasan candi Borobudur adalah menikmati detik-detik matahari terbit. Udara dan suasanya akan menjadi pengalaman spektakuler. Cerita tentang candi Borobudur dan penglaman Anda saat mengunjunginya mungkin juga bisa menginspirasi Anda atau orang-orang yang mendengarkan pengalaman Anda.

Nikmati mati wisata Jogja dengan mengunjungi candi Borobudur bersama paket wisata Jogja, Paket Tour wisata Belitung dari kami.


EmoticonEmoticon